Orang Katolik tentu sudah mengenal arti kata Paskah, Kenaikan Tuhan Yesus Kristus ke Surga, dan Pentekosta. Lebih jauh lagi dapat dikatakan, bukan hanya mengenal melainkan sudah mendalaminya dengan sungguh-sungguh lewat pendalaman iman, mendengarkan Sabda Allah di Gereja setiap hari Minggu, dan belajar autodidak tentang Kitab Suci dan ajaran-ajaran Yesus. Semua itu merupakan kewajiban bagi semua orang Katolik agar dapat memahami imannya secara lebih dewasa dan bertanggungjawab. Namun, hutang terbesar semua orang Katolik ialah tidak sampai pada penghayatan dan aplikasi Firman kepada sesama secara nyata. Kita lebih cenderung menerima Firman dan menyimpannya dalam perbendaharaan kitab suci kita sendiri, mengolahnya sendiri, dan menikmatinya sendiri, tanpa peduli dan mengingat bahwa semua orang yang sedang berada dalam masa terrendah hidupnya membutuhkan kekuatan dan peneguhan dari kita sebagai dirinya yang lain yang berada di luar dirinya sendiri.
Semua orang percaya bila kita meneguhkan frasa "tidak ada satu pun manusia hidup dan mati bagi dirinya sendiri." Semua orang, baik itu orang yang dibedakan berdasarkan kelas sosial, tingkat hidup, dan agama, semuanya percaya akan frasa tersebut. Lalu, pertanyaan yang bisa saja muncul secara spontan ketika orang melihat tulisan demikian, apakah benar demikian adanya? Kita tahu bahwa ada begitu banyak orang yang menderita di luar sana, yang menderita kelaparan, penganiayaan, penindasan, pengasingan, dan penolakan yang mengandalkan diri mereka sendiri untuk bekerja dan hidup di dunia yang mengharuskan mereka merendahkan harkat dan martabat mereka sendiri di hadapan sesama. Benar dan tepatkah frasa tersebut bila disandingkan dengan kenyataan yang menyayat hati seperti demikian? Ataukah hal demikian perlu kita tinggal dan tanggalkan di masa lalu?
Mari kita bersama-sama meninggalkan segala penderitaan dan kemelaratan, baik mental maupun fisik di masa lalu, menyambut kemenangan Kristus di Salib dalam perayaan Paskah, menantikan kehadiran Kristus yang kedua seperti pada masa kenaikan-Nya ke Surga, dan masa penghiburan saat Pentekosta.
Masa Paskah
Kematian adalah peristiwa alami yang harus dialami oleh semua makhluk hidup apapun jenisnya di dunia ini. Namun, manusia yang berkumpul bersama Tuhan Yesus ikut serta mengalami kemenangan atas kematian hidup di dunia. Apakah kita semua, yang merayakan Paskah sungguh berbahagia dapat merayakan kebangkitan Tuhan Yesus Kristus sekarang ini? Kita mendapat kesempatan yang sangat berharga dibandingkan dengan sebagian manusia lain yang tidak dapat merayakan dengan hikmat peristiwa iman kebangkitan Yesus Kristus dari alam maut.
Ada orang yang bertanya apa itu Paskah? Mengapa? Apa maknanya bagi kita yang masih berziarah di dunia ini sementara peristiwa paskah itu sudah terjadi di masa silam? Kita sebagai orang Kristiani yang merayakan Paskah setiap tahun mungkin sudah merasa biasa saja dan berlalu tanpa makna. Kita dapat bertanya apakah masih diperlukan merayakan Paskah dengan meriah, bahkan dengan pesta yang besar? Ataukah dianggap biasa-biasa saja karena sering mengalami dan melakukannya, bahkan setiap tahun? Ada beberapa hal penting mengenai Paskah yang perlu kita telusuri lebih jauh:
Pertama, Paskah merupakan kemenangan atas kematian. Kematian menjadi peristiwa sangat menakutkan bagi manusia. Kematian merupakan tanda kehancuran seluruh sisi kehidupan kita. Manusia berusaha menghindari kematian dengan bermacam cara, bahkan sampai mengerahkan seluruh harta untuk dijual demi menjamin hidup bebas dari kematian yang tak mungkin dihindari. Benarkah pemikiran bahwa kematian selalu menang atas kehidupan manusia? Orang beriman Katolik meyakini bahwa sudah terjadi kemenangan hidup manusia atas kematian. Apa yang diperagakan Yesus menjadi bukti kebenaran bahwa hidup menang atas kematian. Dengan demikian berarti kematian yang selama beribu-ribu tahun bahkan sejak manusia diciptakan sudah ada dan mendera manusia, sudah berubah sejak kebangkitan Tuhan Yesus Kristus.
Kedua, Paskah merupakan bentuk kesetiaan dalam pencarian. Suatu fakta manusiawi yaitu banyak orang yang tidak setia mencari Tuhan Yesus dalam kehidupannya. Orang beriman Katolik sekalipun tidak setia dalam pencarian akan Tuhannya. Mencari Tuhan bukan perkara sederhana tetapi suatu perkara yang kasat mata. Dapat dibayangkan mencari Tuhan yang sudah wafat hampir dua setengah abad silam. Pencarian yang dimaksudkan bukanlah seperti demikian. Bacaan Injil Yohanes tepat mengingatkan kita bahwa mencari Tuhan membutuhkan teknik khusus, yang sulit bagi manusia biasa-biasa saja. Prinsip kesetiaan manusia dewasa ini semakin jarang kita jumpai. Manusia yang bernama Maria Magdalena hadir memberi kesaksian kepada kita semua. Apa yang ia lakukan pada saat Yesus sudah wafat membuktikan janji Allah kepada manusia. Allah akan menepati janji-Nya untuk mempertemukan manusia dengan Yesus Putera-Nya jika manusia setia dalam pencarian akan Yesus. Dalam situasi sulit, sedih, dan galau, Maria Magdalena tidak patah semangat mencari Tuhan Yesus. Dia yakin pasti bertemu Yesus. Keyakinan yang dibangun Maria Magdalena itu membuahkan hasil yang baik. Demikian juga bagi orang beriman masa kini, bila setia mencari Tuhan dalam hidupnya akan berjumpa dengan Tuhan Yesus.
Ketiga, Paskah menjadi kesaksian akan karya penyelamatan Yesus bagi dunia. Orang beriman Katolik sangat getol bersaksi kepada dunia bahwa Yesus telah bangkit untuk mengalahkan kematian dan menyelamatkan manusia dari dosa-dosa mereka. Perintah bersaksi adalah perintah langsung dari Yesus. Maria Magdalena setelah tahu bahwa Yesus bangkit segera pergi memberitahu murid-murid lain. Ia bersaksi di depan murid-murid Yesus yang belum tahu akan kebangkitan Yesus. Dia tidak mau tinggal berdiam diri. Maria Magdalena terus bersemangat berbicara dan berusaha meyakinkan para murid akan kebangkitan Yesus. Maria Magdalena memberi teladan kepada semua orang beriman bahwa penting dan bersemangat menyiarkan kesaksiannya bahwa Yesus sudah bangkit dan kematian sudah dikalahkan. Apabila iman kita dipendam sendiri dalam hati maka itu pasti kurang baik. Iman harus disiarkan. Pada kesempatan lain Yesus sendiri menegaskan barang siapa bersaksi tentang Yesus maka Yesus akan bersaksi di hadapan Allah tentang orang itu di akhir zaman dan Dia tidak akan menyangkal kita.
Kenaikan Yesus Kristus ke Surga
Hari Kenaikan Yesus Kristus ke Surga tidak dirayakan semeriah hari Natal maupun hari peringatan-peringatan lainnya dalam ritus Romawi. Meskipun demikian, hari Kenaikan Yesus Kristus ke Surga ini juga merupakan momen penting bagi umat Katolik seluruh dunia. Empat puluh hari setelah kebangkitan-Nya, Yesus dan murid-murid-Nya pergi ke Bukit Zaitun, di dekat Yerusalem. Di sana Yesus berjanji kepada pengikut-pengikut-Nya bahwa mereka akan menerima Roh Kudus, Sang Penghibur yang akan diutus-Nya. Ia menyuruh mereka untuk tetap tinggal di Yerusalem sampai Roh Kudus turun atas mereka. Kemudian Yesus memberkati mereka dan kemudian naik ke Surga di depan mata mereka. Peristiwa kenaikan Yesus ini dikisahkan di Luk, 24:50-51 dan Kis, 1:9-11.
Lukas menuliskan bahwa kenaikan Tuhan Yesus tersebut merupakan satu kesatuan dengan kematian dan kebangkitan-Nya. Hal itulah yang ditulisnya dan menjadi latar belakang dari kisah kenaikan tersebut. Lukas tidak hanya menulis penderitaan, kematian, dan kebangkitan Yesus, tetapi sampai pada hari Ia terangkat ke Surga. Kepada murid-Nya dan kepada kita semua, Yesus telah membuktikan bahwa Ia hidup. Selama 40 hari lamanya Yesus menampakan diri di depan murid-murid-Nya dan berbicara mengenai Kerajaan Allah. Selain itu, Yesus juga membuktikan bahwa Ia telah bangkit karena hanya orang yang telah bangkit yang dapat masuk ke Surga. Tanpa kebangkitan tidak akan ada kenaikan. Yesus bukan saja bangkit dari kubur, sesuatu yang belum dimiliki oleh pendiri-pendiri agama lain. Tapi lebih dari itu, Dia juga telah naik ke Surga untuk menyediakan tempat bagi kita yang percaya.
Di dalam ayat 9 kita membaca: “Sesudah Ia mengatakan demikian, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka”. Jadi, kita membaca bahwa Tuhan Yesus terangkat “sesudah Ia mengatakan demikian”. Mengatakan apa? Jawaban tersebut ada pada ayat 8: “Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi." Dengan perkataan lain, pesan atau perintah terakhir yang diberikan oleh Tuhan Yesus sebelum kenaikan-Nya ke Surga adalah agar para Rasul dan kita semua yang percaya menjadi saksi-Nya di depan semua orang yang belum mengenal Dia.
Dengan jelas, tertulis di Alkitab, bahwa kenaikan Yesus itu secara sungguh-sungguh terjadi apa adanya, dengan tubuh Fisik-Nya kembali ke Surga. Dia naik dari tanah secara perlahan-lahan dan terlihat jelas; disaksikan oleh banyak orang. Murid-murid yang sedang menatap ke langit berusaha melihat Yesus naik ke Surga, sampai awan menutupi Dia dari pandangan mereka dan menghilang. Dua Malaikat muncul dengan berucap janji bahwa Yesus Kristus akan kembali “sama seperti ketika kamu melihat-Nya naik ke Surga” (Kis 1:11). Dia akan datang dengan cara yang sama.
Hari Kenaikan Yesus Kristus ke Surga mengingatkan kembali tentang misi kita sebagai umat Katolik di dunia ini yakni mewartakan kerajaan Allah dan menobatkan semua orang yang berdosa untuk kembali kepada jalan yang benar untuk memperoleh keselamatan dalam Nama-Nya. Terkadang kita terlena akan indahnya kehidupan duniawi sehingga melupakan kewajiban kita sebagai umat Katolik. Dengan adanya hari peringatan ini, kiranya kita kembali sadar dan membenahi kehidupan rohani dan spiritualitas kita masing-masing. Perjalanan kita memang masih panjang, namun tiada satu pun yang tahu kapan masa kontrak kita hidup di dunia ini akan berakhir. Sudah saatnya kita mempersiapkan diri untuk menempati rumah di dalam Kerajaan Surga.
Pentakosta
Umat Kristiani telah memperingati hari Kenaikan Yesus Kristus ke Surga yang merupakan pelengkap perayaan Paskah. Sepuluh hari setelah hari Kenaikan, terdapat perayaan berikutnya yang berkaitan dengan Roh Kudus yaitu hari Pentakosta. Hari Pentakosta merupakan hari peringatan turunnya Roh Kudus kepada murid-murid Yesus. Hari peringatan ini memiliki makna penting bagi kehidupan iman umat Kristiani yaitu melahirkan jiwa manusia yang baru, memberi mandat penyebaran "Kabar Baik" ke seluruh penjuru dunia dan sebagai pemersatu umat yang percaya akan Nama-Nya.
Pentakosta berasal dari bahasa Yunani "Pentekoste" yang berarti hari kelima puluh. Pentakosta dirayakan pada sepuluh hari setelah Kenaikan Yesus dan lima puluh hari setelah Minggu Paskah. Gereja Kristen merayakan Hari Pentakosta untuk memperingati turunnya Roh Kudus kepada murid-murid Yesus di Yerusalem. Pentakosta juga dikenal dengan sebutan Minggu Kecil. Sebutan Pentakosta juga dipakai untuk masa sejak hari Paskah sampai Minggu Putih. Selama Pentakosta juga dipakai untuk masa sejak hari Paskah sampai Minggu Putih. Selama masa Pentakosta, puasa tidak diijinkan. Doa diucapkan dengan berdiri, sementara haleluya lebih banyak dinyanyikan.
Hari Pentakosta merupakan hari di mana Roh Kudus turun kepada murid-murid Yesus. Hal ini dijelaskan dalam Kisah Para Rasul 2:1-11 yaitu, "Ketika tiba hari Pentakosta, semua orang percaya berkumpul di satu tempat. Tiba-tiba turunlah dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memenuhi seluruh rumah, di mana mereka duduk; dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing. Maka penuhlah Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya. Waktu itu di Yerusalem, diam orang-orang Yahudi yang saleh dari segala bangsa di bawah kolong langit. Ketika turun bunyi itu, berkerumun lah orang banyak. Mereka bingung karena mereka masing-masing mendengar Rasul-Rasul itu berkata-kata dalam bahasa mereka sendiri. Mereka semua tercengang-cengang dan heran, lalu berkata: "Bukankah mereka semua yang berkata-kata itu orang Galilea? Bagaimana mungkin kita mendengar mereka berkata-kata dalam bahasa kita sendiri, yaitu bahasa yang kita pakai di negeri asal kita: kita orang Partia, Media, Elam, penduduk Mesopotamia, Yudea dan Kapadokia, Pontus dan Asia, Frigia dan Pamfilia, Mesir dan daerah-daerah Libya yang berdekatan dengan Kirene, pendatang-pendatang dari Roma, baik orang Yahudi maupun penganut agama Yahudi, orang Kreta dan orang Arab, kita mendengar mereka berkata-kata dalam bahasa kita sendiri tentang perbuatan-perbuatan besar yang dilakukan Allah."
Mengapa Perayaan-perayaan Itu Dirayakan Setiap Tahun?
Semua orang yang mengaku diri percaya kepada Sang Ilahi, tentu tidak akan mengelak kalau kita semua menyebut bahwa Yesus Kristus mengorbankan Diri-Nya di Salib satu kali untuk selamanya. Kalau kita mengatakan demikian, kita akan sadar bahwa ketika perayaan-perayaan seperti demikian kita rayakan setiap tahun, bukan berarti bahwa Yesus mengalami hal tersebut juga setiap tahun. Bukan seperti itu. Cara kita berpikir memang tidak salah apabila kita berpikir demikian, namun menjadi penyelewengan apabila pemikiran seperti itu tetap setia kita pertahankan.
Yesus Kristus adalah seorang Imam Agung yang Sejati. Dalam Injil, Dia dikatakan sebagai seorang Imam Agung seperti Melkisedek yang hanya percaya kepada Allah Pencipta segala yang ada. Namun, pada kenyataannya, Yesus adalah Imam Agung itu sendiri yang hanya kepada-Nyalah segala pujian dan kemuliaan patut kita lambungkan. Melkisedek hadir pada masa Perjanjian Lama dan Yesus hadir sebagai pusat Perjanjian Baru.
Jadi, perayaan-perayaan di atas yang kita rayakan setiap tahun merupakan perayaan pengenangan akan penderitaan, wafat, kematian, kebangkitan, dan kehadiran Yesus yang kedua kali ke dalam dunia. Dia hadir bukan lagi sebagai Pribadi dengan tubuh manusiawi yang dapat mati, sebab pengorbanan-Nya yang digambarkan pada Perjanjian Lama sudah tergenapi dalam Hidup, Karya, dan Kebangkitan-Nya. Dia hadir sebagai Tuhan yang selalu mengunjungi umat-Nya yang menderita dan membantu kita yang sekarat untuk kembali kepada-Nya. Dia kembali agar kita diselamatkan.