24 Maret 2024

Minggu Palma dan Maknanya Bagi Umat Katolik

    Minggu Palma merupakan salah satu hari perayaan umat Katolik sebagai pembukaan sebelum memasuki pekan suci menyambut perayaan Paskah. Berikut serba-serbi Minggu Palma yang menjadi momen penting bagi umat Katolik untuk mengenangkan kembali peristiwa Yesus Kristus dieluk-elukkan, disambut dengan sukacita, dan diarak ke Yerusalem sebagai seorang raja. 
    Hari Raya Paskah selalu dirayakan oleh umat Katolik setiap tahun. Perayaan tersebut dimulai dengan Rabu Abu dan pada minggu terakhir sebelum perayaan Paskah, umat Katolik akan merayakan Minggu Palma untuk mengenangkan sengsara Yesus setelah disambut dengan meriah di pintu gerbang Yerusalem.

Apa itu Minggu Palma
    Minggu Palma / Palem atau secara resmi disebut Hari Minggu Palma Mengenangkan Sengsara Tuhan adalah hari peringatan dalam liturgi Gereja Kristen, terutama Gereja Katolik Roma. Minggu Palma selalu jatuh pada hari Minggu terakhir tepat sebelum Minggu Paskah.
    Dalam liturgi Minggu Palma, umat umumnya mendapatkan daun palem dengan ruang gereja dipenuhi ornamen palem yang hijau dan meniru orang-orang di zaman dulu yang mengelu-elukan Yesus dengan daun palem dalam penyambutan-Nya di gerbang kota menantikan penderitaan-Nya di hadapan Allah dan umat manusia.
    Selain itu, umat juga akan mendengarkan pembacaan kisah-kisah sengsara Yesus yang diambil dari Injil. Pembacaan kisah sengsara Yesus dalam liturgi Minggu Palma dimaksudkan agar umat mengerti bahwa kemuliaan Yesus bukan hanya terletak pada kejayaan-Nya memasuki Yerusalem, melainkan pada peristiwa kematianNya di kayu salib demi silih atas dosa-dosa yang pernah dilakukan manusia.

Sejarah Minggu Palma
    Perayaan Minggu Palma merujuk pada peristiwa yang dicatat pada empat Injil, yaitu Markus 11:1-11, Matius 21:1-11, Lukas 19:28-44, dan Yohanes 12:12-19. Dalam perayaan Minggu Palma, dikenang peristiwa masuknya Yesus ke kota Yerusalem dan dielu-elukan oleh orang banyak.
    Masuknya Yesus Kristus ke kota suci Yerusalem adalah hal yang istimewa, sebab hal ini terjadi sebelum Yesus disiksa, diolok-olok, dihina, dibunuh, digantungkan di palang penghinaan sebagai seorang penjahat, dan bangkit dari kematian. Itulah alasan kenapa Minggu Palma disebut sebagai pembuka pekan suci, yang berfokus pada pekan terakhir Yesus di kota Yerusalem.
    Pada Minggu Palma Gereja tidak hanya mengenang peristiwa masuknya Yesus ke kota Yerusalem, melainkan juga mengenang kesengsaraan Yesus. Oleh karena itu, Minggu Palma juga disebut sebagai Minggu Sengsara.

Perayaan Minggu Palma
    
    Perayaan Minggu Palma terdiri dari dua suasana yang kontras. Upacara pemberkatan daun palma dilakukan di luar gedung gereja dengan suasana yang meriah, terlebih ketika memasuki gedung Gereja. Umat akan melambai-lambaikan daun palma sambil menyanyikan pujian-pujian dengan lagu yang meriah. 
Kemudian suasana meriah tersebut berganti menjadi suasana menyedihkan ketika memasuki gedung Gereja. Di dalam Liturgi Sabda akan dibacakan kisah penderitaan Yesus.
    Sejak Minggu kelima Prapaskah, patung-patung orang Kudus dan salib-salib diselubungi. Salib-salib tersebut diselubungi sampai akhir liturgi Jumat Agung. Hal ini memiliki simbol bahwa Yesus sungguh menunjukkan kemanusiaannya. Oleh karena itu, perbedaan suasana ini mengingatkan umat Katolik bahwa di dalam kemeriahan sorak-sorai penyambutan Yesus sebagai Raja, ada derita dalam diri Yesus yang harus Ia tanggung sendiri.

Makna Daun Palma di Salib
    Daun palma merupakan simbol dari kehidupan, harapan, dan berkat. Daun palma dalam perayaan Minggu Palma akan diberkati oleh imam, kemudian dapat dibawa pulang oleh umat yang hadir. Biasanya daun palma tersebut akan diletakkan di salib Yesus. Di tahun berikutnya, daun palma yang sudah diberkati dalam Perayaan Minggu Palma akan dikumpulkan dan dibakar sebagai persiapan menerima abu pada hari Rabu Abu.
    Kristus kerap kali menunjukkan hubungan simbol kemenangan atas doa dan kematian. Daun palem memiliki warna hijau, warna dari tumbuh-tumbuhan dan musim semi. Oleh karena itu, daun palma disimbolkan sebagai kemenangan dari musim semi atas musim salju atau kehidupan atas kematian, dan warna hijau merupakan sebuah campuran dari kuning-biru yang melambangkan amal dan registrasi dari pekerjaan jiwa yang baik.

Makna Warna Liturgi Minggu Palma
    Warna Liturgi yang dipakai dalam perayaan Minggu Palma adalah merah. Warna merah merupakan simbol dari api dan darah. Karenanya, warna merah dimaknai sebagai penumpahan darah para martir sebagai saksi iman, sebagaimana Yesus sendiri menumpahkan darah-Nya bagi kehidupan dunia.


22 Maret 2024

Pesta St. Perawan Maria di Bawah Kaki Salib (OSM): Jumat Pekan V Masa Prapaskah

    

    Semua orang pasti pernah jatuh dalam kesulitan dan penderitaan hidup. Namun, cara setiap orang menyelesaikannya berbeda, baik itu tergantung pada sikon maupun keadaan pribadi setiap orang. Ada orang yang dengan mudah menyelesaikan suatu persoalan, ada yang membutuhkan waktu cukup lama untuk keluar dari permasalahan yang dihadapinya, ada yang secara langsung menyelesaikannya dengan emosi yang meluap, dan ada pula yang menyimpan semua persoalan itu di dalam hatinya dan membiarkan waktu yang berbicara dan menyelesaikan persoalan tersebut. Mari kita bersama-sama belajar dari Bunda kita, Bunda Maria, Ibunda Tuhan Yesus.
    Gelar “Bunda Dukacita” diberikan kepada Bunda Maria dengan menitikberatkan pada sengsara dan dukacitanya yang luar biasa selama sengsara dan wafat Kristus. Menurut tradisi, sengsara Bunda Maria ini tidak terbatas hanya pada peristiwa-peristiwa sengsara dan wafat Kristus; melainkan meliputi “tujuh dukacita” Maria, seperti yang dinubuatkan Nabi Simeon yang memaklumkannya kepada Maria, “Sesungguhnya Anak ini ditentukan untuk menjatuhkan atau membangkitkan banyak orang di Israel dan untuk menjadi suatu tanda yang menimbulkan perbantahan - dan suatu pedang akan menembus jiwamu sendiri -, supaya menjadi nyata pikiran hati banyak orang.” (Lukas 2:34-35). Tujuh Dukacita Bunda Maria meliputi: Nubuat Simeon, Pengungsian Keluarga Kudus ke Mesir; Kanak-kanak Yesus Hilang dan Diketemukan di Bait Allah; Bunda Maria Berjumpa dengan Yesus dalam Perjalanan-Nya ke Kalvari; Bunda Maria berdiri di kaki Salib ketika Yesus Disalibkan; Bunda Maria Memangku Jenazah Yesus setelah Ia Diturunkan dari Salib; dan kemudian Yesus Dimakamkan. 
    Secara keseluruhan, nubuat Simeon mengenai sebilah pedang akan menembus hati Bunda Maria digenapi dalam peristiwa-peristiwa tersebut. Oleh sebab itu, Bunda Maria terkadang dilukiskan dengan hatinya terbuka dengan tujuh pedang menusuk dan menembusinya. Dan yang terpenting ialah bahwa setiap dukacita diterima Bunda Maria dengan gagah berani, dengan penuh kasih, dan dengan penuh kepercayaan, seperti digemakan dalam Fiat-nya, “jadilah padaku menurut perkataan-Mu Tuhan,” yang diucapkannya pertama kali dalam peristiwa Kabar Sukacita.
    Peringatan Santa Perawan Maria Berdukacita mulai populer pada abad keduabelas, meskipun dalam berbagai gelar yang berbeda. Beberapa tulisan didapati berasal dari abad kesebelas, teristimewa di kalangan para biarawan Benediktin. Pada abad XIV dan XV, peringatan dan devosi ini telah tersebar luas di kalangan Gereja. Yang menarik, pada tahun 1482, peringatan ini secara resmi dimasukkan dalam Misale Romawi dengan gelar “Santa Perawan Maria Bunda Berbelas Kasihan,” (Our Lady of Compassion) dengan menekankan besarnya cinta kasih Bunda Maria yang diperlihatkannya dalam sengsara bersama Putranya. Kata `compassion' berasal dari kata Latin `cum' dan `patior' yang artinya “menderita bersama”. Dukacita Bunda Maria melampaui dukacita siapa pun oleh sebab ia adalah Bunda Yesus, yang bukan hanya Putranya, melainkan juga Tuhan dan Juruselamatnya; Bunda Maria sungguh menderita bersama Putranya. 
    Pada tahun 1727, Paus Benediktus XIII memasukkan Peringatan Santa Perawan Maria Bunda Berbelas Kasihan dalam Penanggalan Romawi, yang jatuh pada hari Jumat sebelum Hari Minggu Palma. Peringatan ini kemudian ditiadakan dengan revisi penanggalan yang diterbitkan dalam Misale Romawi tahun 1969. Pada tahun 1668, peringatan guna menghormati Tujuh Dukacita Maria ditetapkan pada hari Minggu setelah tanggal 14 September, yaitu Pesta Salib Suci. Peringatan ini kemudian disisipkan dalam penanggalan Romawi pada tahun 1814, dan Paus Pius X menetapkan tanggal yang permanen, yaitu tanggal 15 September sebagai Peringatan Tujuh Duka Santa Perawan Maria (yang sekarang disederhanakan menjadi Peringatan Santa Perawan Maria Berdukacita). Penekanan utamanya di sini adalah Bunda Maria yang berdiri dengan setia di kaki salib di mana Putranya meregang nyawa; seperti dicatat dalam Injil St. Yohanes, “Ketika Yesus melihat ibu-Nya dan murid yang dikasihi-Nya di sampingnya, berkatalah Ia kepada ibu-Nya: `Ibu, inilah, anakmu!' Kemudian kata-Nya kepada murid-murid-Nya: `Inilah ibumu!'” (Yohanes 19:26-27). Konsili Vatikan II dalam Konstitusi Dogmatis Tentang Gereja menulis, “…ia sesuai dengan rencana Allah berdiri di dekatnya. Di situlah ia menanggung penderitaan yang dahsyat bersama dengan Putranya yang tunggal. Dengan hati keibuannya ia menggabungkan diri dengan korban-Nya, yang penuh kasih menyetujui persembahan korban yang dilahirkannya.” (#58).

    St. Bernardus (+1153) menulis, “Sungguh, ya Bunda Maria, sebilah pedang telah menembus hatimu….Ia wafat secara jasmani oleh karena kasih yang jauh lebih besar daripada yang dapat dipahami manusia. Bunda-Nya wafat secara rohani oleh karena kasih seperti yang tak dapat dibandingkan selain dengan kasih-Nya.” (De duodecim praerogatativs BVM).
    Dengan menekankan belas kasihan Bunda Maria, Bapa Suci kita, Paus Yohanes Paulus II, mengingatkan umat beriman, “Bunda Maria yang Tersuci senantiasa menjadi penghibur yang penuh kasih bagi mereka yang mengalami berbagai penderitaan, baik fisik maupun moral, yang menyengsarakan serta menyiksa umat manusia. Ia memahami segala sengsara dan derita kita, sebab ia sendiri juga menderita, dari Betlehem hingga Kalvari. 'Dan jiwa mereka pula akan ditembusi sebilah pedang.' Bunda Maria adalah Bunda Rohani kita, dan seorang ibunda senantiasa memahami anak-anaknya serta menghibur dalam penderitaan mereka. Dengan demikian, Bunda Maria mengemban suatu misi istimewa untuk mencintai kita, misi yang diterimanya dari Yesus yang tergantung di Salib, untuk mencintai kita selalu dan senantiasa, dan untuk menyelamatkan kita! Lebih dari segalanya, Bunda Maria menghibur kita dengan menunjuk pada Dia Yang Tersalib dan Firdaus!” (1980).
   Oleh sebab itu, sementara kita menghormati Bunda Maria, Bunda Dukacita, kita juga menghormatinya sebagai murid yang setia dan teladan kaum beriman. Marilah kita berdoa seperti yang didaraskan dalam doa pembukaan Misa merayakan peringatan ini: “Bapa, sementara PutraMu ditinggikan di atas salib, Bunda-Nya Maria berdiri di bawah kaki salib-Nya, menanggung sengsara bersama-Nya. Semoga Gereja-Mu dipersatukan dengan Kristus dalam Sengsara dan Wafat-Nya, sehingga beroleh bagian dalam kebangkitan-Nya menuju hidup baru.”Dengan meneladani Bunda Maria, semoga kita pun dapat mempersatukan segala penderitaan kita dengan sengsara Kristus, serta menghadapinya dengan gagah berani, penuh kasih dan kepercayaan.  

19 Maret 2024

Siapakah St. Yusuf, Suami St. Perawan Maria itu?

    Bagaimanakah mungkin seorang yang memiliki peran penting dalam Gereja Katolik tidak begitu familiar dalam Kitab Suci? Pertanyaan seperti ini bukan tidak layak untuk dipertanyakan, malah ini bisa menjadi pertanyaan penting dalam perjalanan panggilan hidup sebagai seorang Kristiani sejati. Lalu, bagaimanakah kita dapat menggambarkan pribadi St. Yusuf yang lazim dikenal sebagai seorang tukang kayu, ayah Yesus, dan suami St. Maria?

Yusuf, seorang tukang kayu
    Santo Yusuf adalah seorang yang setia, baik, dan murah hati. Namun demikian, Ia sempat ragu untuk mempersunting Maria sebagai istri. Ketika dia dan Maria akan menikah, dia mengetahui bahwa Maria akan memiliki bayi dan dia tak tau apa yang harus dilakukannya saat itu. Hingga pada suatu malam, seorang malaikat datang kepada Yusuf dan memberitahu bahwa bayi yang dikandung Maria adalah Putra Allah dan memberitahu agar siap sedia menikahi Maria. Malaikat itu juga meminta Yusuf menamai bayi itu “Yesus” yang akan menjadi Juruselamat bagi dunia. Hal tersebut membuat keraguan Yusuf hilang. Tidak hanya sekali, malaikat pun datang untuk kedua kalinya meminta Yusuf untuk membawa Maria dan Yesus ke Mesir, menghindari Raja Herodes yang ingin membunuh seluruh anak-anak di Betlehem yang berumur di bawah dua tahun. Kemudian, malaikat pun datang untuk ketiga kalinya agar Yusuf, Maria, dan Yesus kembali. Dengan setia Yusuf mematuhi kembali apa yang dikatakan malaikat kepadanya. Yusuf membawa Maria dan Yesus ke Nazaret di Galilea dan tidak kembali ke Betlehem.
    Sepanjang hidupnya Santo Yusuf menjalankan tugas dan kewajibannya dengan berani dan setia, baik dalam mematuhi perkataan malaikat kepadanya maupun dalam menjalankan perintah-perintah Tuhan yang diberikan kepadanya seperti membawa keluarganya ke Mesir agar tetap aman dari Raja Herodes lalu kembali ke Nazaret, membawa Yesus ke Bait Allah untuk disunat dan dipersembahkan kepada Allah dan melakukan perjalanan ke Yerusalem untuk merayakan hari raya Paskah. Santo Yusuf menerima tanggung jawab panggilannya dengan menjadi seorang suami dan ayah yang setia, Ia memberikan yang terbaik yang dapat dilakukan untuk keluarganya saat itu.                                                   Pada abad VII dan IX, pada 19 Maret ditentukan sebagai Hari Raya Santo Yusuf. Pada 1955, Sri Paus Pius XII (1939- 1958) memaklumkan pesta Santo Yusuf pekerja yang dirayakan pada 1 Mei. Pesta ini menekankan martabat pekerjaan dan keteladanan Santo Yusuf sebagai pekerja dan untuk menyetakan kembali keikutsertaan Gereja dalam karya penyelamatan Allah.
Yusuf, ayah Yesus
    Yusuf (juga Yusuf yang bertunanganYusuf dari Nazaret, dan Yusuf Pekerja), menurut tradisi Kristen, adalah suami Maria dan ayah angkat Yesus dari NazaretIman Kristen berpendapat bahwa Yusuf tidak melahirkan Yesus secara fisik, tetapi Maria mengandungnya melalui sarana ilahi.                                          Menurut Injil Matius, Yusuf menderita karena kehamilan Maria yang tampaknya tidak sah tetapi melindungi dia dan Yesus yang belum lahir dengan menerima dia sebagai istrinya setelah seorang malaikat menampakkan diri kepadanya dalam mimpi dan mengarahkannya untuk melakukan hal tersebut. Menerima hadiah kaya dari orang majus timur yang misterius di Betlehem setelah kelahiran Yesus, ia kemudian melarikan diri ke Mesir untuk menghindari murka Herodes Agung, kembali ke tanah Israel setelah kematian Herodes dan menetap di NazarethDalam catatan Lukas, Yusuf melakukan perjalanan ke Betlehem untuk melakukan sensus dan kembali ke Nazaret tanpa pergi ke Mesir, setelah memperkenalkan Yesus di depan umum di Bait Suci Yerusalem.
    Tidak banyak yang diketahui tentang Yusuf kecuali bahwa ia dilaporkan merupakan keturunan Raja Daud dan bekerja sebagai tukang kayu. Kematian Yusuf tidak dicatat dalam Alkitab. Dia dilaporkan oleh Lukas masih hidup ketika Yesus berusia sekitar 12 tahun (Lukas 2:41-42), dan kurangnya penyebutan dia dalam catatan Alkitab tentang pelayanan Yesus di masa dewasa dianggap menyiratkan bahwa dia sudah meninggal pada saat itu. Ada kontroversi mengenai apakah dia dan Maria pernah bertunangan atau memiliki anak bersama. Fakta penting tentang Yusuf adalah bahwa tidak ada satu kata pun yang diucapkannya dalam Empat Injil mana pun.

Yusuf, suami St. Maria 
Suami Maria, ibu dari Yesus. Yusuf adalah keturunan Daud (Mat. 1:1–16; Luk. 3:23–38) dan tinggal di Nazaret. Dia telah bertunangan dengan Maria. Tepat sebelum pernikahan mereka, Maria menerima kunjungan dari malaikat Gabriel, yang mengumumkan bahwa Maria telah dipilih untuk menjadi ibu dari Juruselamat (Luk. 1:26–35). Yusuf juga menerima wahyu tentang kelahiran ilahi ini (Mat. 1:20–25).
Maria adalah satu-satunya orangtua duniawi Yesus karena Allah Bapa adalah ayah dari Yesus. Tetapi orang-orang Yahudi menganggap Yusuf sebagai ayah dari Yesus, dan Yesus memperlakukannya demikian (Luk. 2:48, 51). Diperingatkan melalui mimpi surgawi, Yusuf melindungi nyawa bayi Yesus dengan melarikan diri ke Mesir (Mat. 2:13–14). Setelah Herodes mati, seorang malaikat memberi petunjuk kepada Yusuf untuk membawa Kristus kecil kembali ke Israel (Mat. 2:19–23).

Teladan St. Yusuf bagi Umat Katolik
1. Kesederhanaan
    Santo Yusuf yang hidup sederhana dapat menjadi teladan bagi kita umat Katolik. Santo Yusuf dan Bunda Maria mempersembahkan Yesus di Bait Allah, mereka mempersembahkan dua ekor anak burung merpati sebagai korban yang merupakan suatu pengecualian yang diperuntukkan bagi keluarga-keluarga yang tidak mampu mempersembahkan kurban anak domba seperti yang diwajibkan.
2. Pekerja Keras
    Ia juga seorang pekerja keras, Yesus dan Maria hidup dari nafkah Yusuf yang berprofesi sebagai tukang kayu. Ia menjalani dengan penuh rasa syukur karena Ia tahu bahwa yang dihidupi bukanlah keluarga biasa melainkan terdapat Anak Tuhan yang dititipkan untuk menebus dosa manusia. Untuk itulah kita menyebut keluarga Yusuf, Maria, dan Yesus adalah keluarga kudus. 
3. Pelindung dan Pemelihara
    Santo Yusuf sangat melindungi dan memelihara Keluarga Kudus. Ia merupakan sosok yang pekerja keras dan berusaha menyediakan segala kebutuhan yang diperlukan oleh keluarganya. Ia mendapat makanan dari hasil kerja kerasnya dan tidak memikirkan kebutuhan dirinya sendiri, melainkan mengusahakan diri untuk mampu memenuhi kebutuhan yang terbaik bagi keluarganya.

Renungan:
    Para saudara yang terkasih, ada dua tipe orang ketika menghadapi masalah. Pertama, lari dari masalah itu dan hidup dengan damai selama hidupnya tanpa mau mengenal masalah. Kedua, menghadapi masalah dan mau bertanggung jawab atas masalah tersebut, meski pun masalah itu tidak disebabkan oleh perbuatannya. Dia mau menghadapi masalah tersebut dengan tegak dan tegap. Kedua tipe pribadi orang tersebut pernah ada dalam diri Yusuf. Dia pernah berpikir untuk lari dari masalah yang berkaitan dengan hidupnya dan tidak mau mengambil akibat dari sebab yang tidak pernah dilakukannya. Dia mengambil Maria sebagai isterinya, karena petunjuk Allah melalui tunas muda yang keluar dari tongkatnya sebagai lambang pribadi yang pantas untuk bersanding dengan bunda Maria. Akan tetapi, persoalan mengambil Maria sebagai isteri dan Anak yang ada di dalam kandungannya adalah dua persoalan yang berbeda. Yusuf mengambil Maria sebagai isteri dengan tujuan memperoleh keturunan daripadanya yang akan mewarisi karyanya sebagai seorang tukang. Dia tidak pernah pernah berpikir bahwa seorang gadis yang akan dipersuntingnya sudah mengandung.
    Bagi Yusuf yang adalah seorang manusia biasa, tentu saja berpikir: “ ah, untuk apalagi melanjutkan pertunangan ini, kalau dia sudah dinodai orang lain. Untuk apa saya mengambilnya, kalau pada akhirnya, anak oranglah yang akan saya pelihara.” Bahkan mungkin, hal yang paling ekstrim pernah dia pikirkan juga. Untung saja, Malaikat Tuhan datang tepat pada waktunya, sehingga dia yang masih dalam kebimbangan makin merasa bingung, kok bisa ada orang yang mengandung seorang Bayi yang berasal dari Roh Kudus. Yusuf mungkin sempat tidak percaya karena usianya yang sudah cukup tua bisa saja mempengaruhi pikirannya pada saat itu. Dia bisa saja tetap pada pendiriannya untuk menceraikan Maria agar ia tidak memiliki hutang kepada orang lain atas nama Anak yang dikandung tersebut. 
    Pemikiran Yusuf tidak dapat dipungkiri sama dengan pemikiran banyak orang, bahwa dia harus meninggalkan Maria yang sudah mengandung tersebut. Sebab, jika di kemudian hari kabar tersebut tersebar ke seluruh daerah, dia akan dianggap sebagai sampah yang menikahi seorang gadis pendosa. Tentu saja, sebagai orang yang terpandang di kalangan mereka, pemikiran demikian pernah terbersit dalam pergulatannya. Namun, apalah daya, kuasa Tuhan lebih besar atas diri lemah Yusuf. Dia dapat membalikkan segala perkara susah menjadi mudah, kedegilan hati menjadi lembut, penolakan diubah menjadi penerimaan, ketidakmungkinan menjadi mungkin. Siapa yang dapat memilih dan memilah orang yang dipilih Allah untuk satu karya besar bagi umat manusia? Allah yang memilih, tentu Allah melihat isi hati mereka yang dipilih-Nya. Seperti Daud dipilih-Nya untuk menggantikan Saul menjadi Raja atas Israel.
    Hal yang sama berlaku juga untuk kita semua. Allah tidak menghendaki kita meneruskan tugas dan pekerjaan yang dilakukan orang tua kita di rumah, sebab Dia melihat potensi untuk mengembangkan Kerajaan Allah ada dan tertanam dalam diri kita semua, yang mungkin sampai saat ini belum kita rasakan, karena tidak ada getaran yang membangkitkan semangat kita untuk menemukan frekuensi yang sama dengan getaran tersebut. Allah memilih Daud dari gembala domba untuk menggembalakan umat-Nya Israel, Allah memilih Yusuf untuk menjadi ayah bagi Yesus, dan Allah memilih kita dari niat yang salah untuk mengembangkan warisan karya dan pekerjaan orang tua, menjadi orang yang pantas menerima warisan gembala yang mewartakan Sabda Allah di tengah dunia. Beranikah kita mengubah apa yang dapat kita ubah dan menerima warisan mulia untuk mewartakan Sabda Allah kepada sesama? Dan beranikah menjadi pribadi Yusuf, yang hanya tahu menerima dan tidak pernah membantah?

Semoga ‼! 

    


16 Maret 2024

Mengapa Salib Diselubungi Pada Minggu Prapaskah V?

    Saudara-saudaraku yang terkasih, pernakah kita berpikir, mengapa pada permulaan Minggu Prapaskah V (Ibadat Sore I), semua patung atau pun gambar yang ada di dalam Gereja atau Kapela semuanya disebulungi dengan kain berwarna ungu? Mengapa kita tidak dapat lagi melihat indahnya patung dan gambar yang ditempelkan di dinding-dinding Gereja? Kalau kita melihat semuanya itu dan merasa kaget ketika masuk ke dalam Gereja atau Kapel dan merasa heran akan semuanya itu, maka marilah kita simak alasannya. 

Masa Sengsara Yesus
    Masa Sengsara Yesus dimulai pada Minggu V Masa Prapaska, yang dikenal sebagai Minggu Sengsara, dan dari hari itu sampai Paska, Gereja masuk lebih dalam lagi ke dalam Kisah Sengsara Tuhan Yesus dan membawa sengsara-Nya lebih dan lebih dalam lagi ke hadapan umat-Nya. Liturgi mengesampingkan semua lambang suka cita dan menampilkan dalam kata dan perbuatan, kesedihan dan penitensi yang harus mengisi setiap jiwa orang Kristen pada saat merenungkan peristiwa- peristiwa akhir dalam kehidupan Penyelamat kita di dunia ini.
   Meskipun kelihatannya hal ini berlawanan dengan suasana sengsara, praktik penyelubungan patung dan gambar-gambar suci pada minggu terakhir Prapaskah, Gereja Katolik justru merekomendasikan praktik ini untuk meningkatkan indra kita dan membangun kerinduan dalam diri kita akan Minggu Paskah. Penyelubungan ini juga ada kaitannya dengan bacaan Minggu Prapaskah V atau Minggu Sengsara Tuhan pada penanggalan liturgi lama yang diambil dari Injil Yohanes 8:46-59, yang mana perdebatan antara Yesus dan pihak otoritas agama Yahudi yang berakhir dengan ketegangan, kita bisa melihatnya bahwa pihak otoritas Yahudi itu mengambil batu untuk melempari Dia. Dan kuncinya adalah pada ayat terakhir bacaan Injil ini yaitu Yesus menghilang dan meninggalkan Bait Allah
    Sebelum Vespers pada hari Sabtu sebelum Minggu Sengsara, crucifix (salib Yesus), patung-patung dan gambar-gambar di altar dan di sekitar gereja ditutup dengan kain ungu polos, kecuali gambar-gambar Jalan Salib. Salib Tuhan Yesus ditutupi kain ungu sampai hari Jumat Agung, sedangkan patung- patung dan gambar- gambar lainnya tetap ditutup sampai pada saat Gloria pada Sabtu Suci. Patung-patung dan gambar-gambar para malaikat dan santa-santo ditutup, untuk menunjukkan bahwa Gereja membungkus dirinya sendiri dan berkabung saat Tuhannya sedang mempersiapkan diri untuk mengalami kesengsaraan dan kematian untuk menebus dunia. Dengan semua tanda-tanda lahiriah dan upacara Masa Sengsara, umat beriman diingatkan bagaimana Tuhan dalam keilahian-Nya di sepanjang masa sengsara-Nya, dan dengan penglihatan dan pendengaran, para pendosa diingatkan agar bertobat dan menarik diri semakin jauh dari kesenangan- kesenangan duniawi, dengan mendevosikan diri semakin dalam kepada doa-doa Masa Prapaska dan merenungkan kisah sengsara Kristus yang telah wafat demi kasih-Nya kepada mereka.

Dasar Dokumen Gereja
  Penyelubungan ini diatur dalam dokumen gereja yang berjudul “Perayaan Paskah dan Persiapannya” (Litterae Circulares De Festis Paschalibus Praeparandis et Celebrandis / Circular Letter Concerning the Preparation and Celebration of the Easter Feasts) yang dikeluarkan oleh Kongregasi Ibadat Ilahi (Congregatio de Cultu Divino) pada tanggal 16 Januari 1988, kita lihat artikel 26: "Kebiasaan memberi selubung pada salib-salib dan gambar-gambar dalam gereja dapat dipertahankan bila diperintahkan demikian oleh Konferensi Waligereja. Salib-salib tetap terselubung sampai akhir liturgi Jumat Agung, tetapi gambar-gambar sampai awal perayaan Malam Paskah."

Makna Penyelubungan 
   Dalam buku “Celebrations of the Liturgical Year” oleh Monsignor Peter Elliott pada tahun 2002 dikatakan bahwa “kebiasaan menyelubungi salib-salib dan gambar-gambar … memberikan banyak penerimaan dalam hal psikologis religius, karena kebiasaan itu membantu kita untuk memusatkan pikiran pada hal penting yang utama yaitu karya penebusan Kristus.”
   Menurut Romo Mark J. Gantley, JCL. menuliskan bahwa tujuan penyelubungan salib untuk menekankan pengungkapan salib itu pada Jumat Agung. Tujuan penyelubungan patung-patung suci adalah untuk menghilangkan sementara pusat perhatian kita pada pribadi yang dimaksud dalam patung itu dan memusatkan perhatian kita kepada pusat misteri iman kita yaitu wafat dan kebangkitan Kristus.

Apakah Patung dan Gambar di Rumah Perlu Diselubungi?
    Menurut dokumen gereja tersebut yang diatur tentang penyelubungan patung dan gambar suci adalah yang dilakukan di gereja. Namun tidak ada larangan dan keharusan untuk melakukan kebiasaan ini. Maka sederhananya, boleh dilakukan namun tidak harus. Perlu diketahui makna mengenai kebiasaan ini jangan sampai menjadi suatu ritual belaka. Namun jika kebiasaan ini membantu pertumbuhan iman, maka silakan dilakukan. Ada pendapat mengenai hal ini, diantaranya membantu keluarga terutama anak-anak untuk berpartisipasi dalam masa liturgis gereja, dan juga pendapat bahwa membuat masa Sengsara menjadi lebih bermakna bagi anak-anak dengan melakukan persiapan menyambut hari raya Paskah lebih dari sekadar mendekorasi rumah dengan hiasan Paskah sekuler.




09 Maret 2024

Dies Natalis OSM XIX Indonesia, Provinsi Mexico (9 Maret 2024)

    
"Bersama Kita Membangun"

    Dalam perayaan Dies Natalis OSM ke XIX yang hadir di Indonesia, Provinsi Mexico, tema "Bersama Kita Membangun" menjadi panggilan yang menggugah hati dan menyatukan semangat Frailes Ordo Servorum Mariae (OSM). Perayaan ini tidak hanya menjadi momen untuk merayakan sejarah panjang dan pencapaian Ordo di tengah dunia, tetapi juga menjadi panggilan untuk melihat ke depan dan mempersiapkan masa depan yang lebih gemilang.

    Tema "Bersama Kita Membangun" mengajak setiap Frailes OSM untuk bersatu padu dalam semangat persaudaraan dan kerjasama yang kokoh. Dalam persatuan, kita mampu mengatasi setiap rintangan dan tantangan yang menghadang, serta membangun masa depan yang lebih baik bagi Ordo dan masyarakat yang dilayani.

    Peringatan Dies Natalis menjadi saat yang tepat untuk merefleksikan arti sejati dari panggilan religiusitas dan pelayanan. Kita diingatkan bahwa pelayanan bukanlah tugas yang dilakukan secara individu, tetapi merupakan panggilan bersama untuk membangun Kerajaan Allah di tengah dunia. Dengan bahu-membahu, kita mampu memberikan dampak yang lebih besar dan positif bagi masyarakat di sekitar kita.

    Selain itu, tema ini juga mengajak kita untuk memperkuat fondasi iman dan spiritualitas kita sebagai anggota OSM. Dalam proses membangun, kita perlu didorong oleh iman yang teguh dan ketaatan yang mendalam kepada ajaran Gereja. Hal ini akan menjadi landasan yang kokoh dalam setiap langkah kita dalam pelayanan dan pengabdian.

    Dengan semangat "Bersama Kita Membangun", mari kita terus berjuang untuk melanjutkan legacy Ordo Servorum Mariae (OSM) ke XIX di Indonesia, Provinsi Mexico. Bersama-sama, kita mampu menciptakan masa depan yang cerah dan memberkati bagi Ordo, Gereja, dan masyarakat yang kita layani. Semoga setiap langkah kita selalu dipenuhi oleh kasih, keberkatan, dan kemuliaan Allah.

11 Desember 2023

12 Desember (Hari Raya (OSM) St. Perawan Maria dari Guadalupe)

 

    Di suatu pagi yang dingin yakni pada 9 Desember 1531, seorang petani 50 tahun yang sudah menduda, keluar dari rumahnya di desa Tolpetiac dekat Guauhtitian, Mexico. Dia belum lama dibaptis dengan nama Juan Diego. Pada pagi hari, ia berangkat menuju Tlatelolco untuk mengikuti Ekaristi. Setiap hari ia mengikuti misa. Pada pagi itu, ia berjalan melintasi beberapa bukit menuju Tlatelolco dekat Mexico City. 
    Sementara menyusuri jalan, ia mendengar suara seorang perempuan sedang bernyanyi. Dari tempat di mana suara itu berasal, dia melihat ada awan putih membentuk pelangi. Tiba-tiba seberkas cahaya muncul dari tengah-tengah awan itu dan menjadi terang-benderang. Dia melihat seorang perempuan yang amat sangat cantik dan rupawan berdiri di depan awan itu. Pakaiannya berkilau keemasan.
    Juan Diego menunduk dengan sikap berlutut. Perempuan itu kemudian berkata kepadanya dalam bahasa setempat yang digunakan Juan yakni bahasan Nahuati: "Anakku, Juan Diego, kemanakah engkau hendak pergi?" Juan Diego menjawabnya, katanya, "Yang Mulia, saya sedang dalam perjalanan menuju Gereja di Tlatelolco untuk mengikuti misa." Selanjutnya Bunda Maria meminta Juan Diego untuk pergi ke kediaman Uskup dan mengatakan kepadanya bahwa Bunda Maria menginginkan sebuah Gereja dibangun di bukit di mana ia menampakkan diri sebagai bentuk penghormatan kepadanya.
    Juan Diego bergegas ke kediaman Mgr. Zumarraga, Uskup Mexico pada saat itu. Dia ragu-ragu, karena dua menyadari dirinya sebagai seorang Indian yang tidak dikenal siapa-siapa. Menjelang malam tiba, dia pergi ke bukit itu. Bunda Maria sudah menunggunya di sana. Juan minta agar Bunda Maria mengirim orang lain saja untuk menghadap Uskup. Sebab katanya, "Saya hanya seorang duda miskin. Saya merasa tidak layak hadir di tempat Uskup. Maafkan saya, ya Ratu. Saya tidak bermaksud menyakiti hatimu." Akan tetapi, Bunda Maria menegaskan bahwa dia menghendaki Juan, bukan orang lain. Oleh sebab itu, keesokan harinya, Juan memberanikan diri menghadap Bapa Uskup. Uskup mengajukan sejumlah pertanyaan dan mengatakan bahwa jika benar dia adalah Bunda Allah, maka dia perlu memberikan kepadanya suatu bukti. 
    Pada 12 Desember, Bunda Maria menampakkan diri kepada Juan. Dia mengajak Juan mendaki sebuah bukit yang gersang yang di dalamnya hanya ada kaktus dan semak belukar. Tetapi, setibanya Juan di sana, bukit itu dipenuhi oleh bunga mawar segar yang berembun dan harum mewangi. Bunda Maria mengambil mawar-mawar yang telah dipetik dan merangkaikannya di dalam lipatan-lipatan Tilma (Mantol kasar yang dipakai suku Indian di Mexico) Juan. 
    Ketika Juan  tiba di kediaman Uskup, Juan harus menunggu lama karena dihalang-halangi para penjaga yang dipenuhi rasa ingin tahu berusaha mengambil mawar-mawar itu dari mantol Juan. Namun, begitu mereka mengulurkan tangan, mawar-mawar itu seperti terpatri di mantol Juan, sehingga mereka tidak dapat mengambilnya. Di hadapan Uskup, Juan membukan tilmanya dan mawar-mawar itu pun berjatuhan di lantai. Di tilma Juan terlukis gambar Bunda Allah dalam pakaian suku Indian. Tangannya terkatup dalam sikap berdoa, lambutnya yang hitam lembut terurai sampai ke bahunya. Wajahnya berbentuk oval dengan matanya setengah tertutup. Senyum merekah di bibirnya. Uskup pun takjub dan jatuh berlutut di hadapan gambar tersebut. Air matanya mengalir membasahi pipinya saat dia berdoa mohon ampun karena kurang percaya. Kemudian Uskup itu membawa tilma Juan Diego ke dalam Kapel dan meletakannya di depan Sakramen Mahakudus.
    Pada hari-hari selanjutnya, diadakan penyelidikan dengan cermat dan teliti atas tulisan yang ada di dalam mantol tersebut. Besarnya lukisan itu kurang lebih 1,50 m. Bunda Maria mengenakan mantol berwarna hijau kebiruan yang berhiaskan 46 bintang emas dan tiap-tiap bintang berujung delapan. Jubah Bunda Maria berwarna merah jambu dengan sulaman bunga-bunga berbenang emas dan sangat indah. Tepian leher dan lengan bajunya dilapisi kulit berbulu halus yang putih merah. Sebuah bross dengan Salib hitam di tengah-tengah menghiasi lehernya. Di sekeliling tubunya bergemerlapanlah gelombang dari cahaya emas di atas latar belakang merah padam. Di pupil mata kanan Bunda Maria tergambar tiga sosok yakni Juan Diego, Juan Gonzales (Penerjemah), dan Uskup Zumarraga. Lukisan St. Perawan Maria dari Guadalupe kini ditempatkan di Basilika St. Perawan Maria dari Guadalupe, Mexico City yang didirikan pada tahun 1977.
    Pada tanggal 12 Oktober 1945, Paus Pius XII mengumumkan Bunda Maria dari Guadalupe sebagai "Ratu semua orang Amerika".


Doa Mohon Pertolongan St. Perawan Maria dari Guadalupe

Bunda tercinta, kami mengasihimu.
Kami berterimakasih atas janjimu untuk menolong kami,
bila kami berada dalam kesesakan.
Kami mempercayakan diri ke dalam kasihmu
yang kuasa mengeringkan air mata dan menghibur hati kami.

Ajarilah kami menemukan damai di dalam diri Yesus, Puteramu
dan berkatilah kami di sepanjang hari-hari hidup kami.

Tolonglah kami membangun sebuah bait di dalam hati kami.
Jadikanlah bait kami itu seindah bait yang telah dibangun
di atas gunung Tepeyac bagimu.
Suatu bait penuh penyerahan, pengharapan, dan cinta kasih kepada Yesus
yang terus berkembang setiap hari. 

Bunda tercinta, engkau memilih tinggal bersama kami
dengan menghadiahi kami gambar dirimu sendiri
yang amat ajaib dan suci pada jubah Juan Diego.
Biarlah kami menikmati kehadiranmu yang penuh kasih itu
apabila kami memandangi wajahmu. 
Berilah kami suatu keberanian seperti Juan
untuk menyampaikan pesan pengharapanmu kepada semua orang.
Engkaulah Bunda kami dan sumber inspirasi kami.
Sudi dengarkanlah dan jawablah doa-doa kami
AMIN.....
3x Salam Maria

11 Desember (St. Damasus: Paus dan Pengaku Iman)

    Sebelum Yesus kembali kepada Bapa-Nya, Ia bersabda, "Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman (Bdk. Mat, 28:20)." Janji Yesus ini sungguh-sungguh dialami Paus Damasus ketika ia dipilih menjadi Paus pada 1 Oktober 366 menggantikan Paus Liberius (352-366). Pada masa itu, bidaah Arianisme dan bidaah lainnya berkembang pesat di mana-mana dan berhasil memengaruhi sejumlah besar Uskup, Imam, dan umat Kristen. Terpilihnya Damasus sebagai pemimpin tertinggi Gereja Kristus sungguh tepat dengan situasi dan gejolak zaman itu. Damasus terkenal cakap dan suci. Ia adalah anak dari seorang imam Spanyol di Roma. Kemungkinan besar pada waktu itu Damasus berkarya sebagai Diakon di wilayah Gereja ayahnya sebelum diangkat menjadi Paus. Ia menyuruh St. Hieronimus, sekretarisnya untuk menerjemahkan Alkitab ke dalam bahasa Latin. Ia dengan gigih membela Primat Paus dalam masalah-masalah Gerejawi. Selama Pontifikatnya, Katakombe-katakombe dibuka kembali dan para peziarah di sana dibesarkan hatinya untuk dapat mengunjunginya.

    Damasus menentang habis-habisan tuntutan-tuntutan Ursinus, pendukung ulung Arianisme. Situasi pertikaian semakin runyam oleh kenyataan bahwa Damasus didukung oleh Feliks II, Paus tandingan pada masa kepemimpinan Paus Liberius dan Kaisar Valentinus mengasingkan Ursinus dan para pengikutnya. Usaha-usaha Ursinus dan para pengikutnya untuk menjelekkan ketenaran dan nama baik Damasus dibantah habis-habisan ketika suatu Sinode yang diselenggarakan di Aquileia pada tahun 381 dan menemukan bahwa tuduhan-tuduhan  kebejatan moral terhadap Paus Damasus sama sekali tidak beralasan dan tidak benar. 

    Damasus menghukum doktrin-doktrin berikut: Arianisme yang menyangkal keilahian Kristus; Apollinarianisme yang menyangkal bukan hanya keilahian Kristus, tetapi juga kemanusiaan-Nya; dan Macedonianisme yang menyatakan bahwa derajat Roh Kudus lebih rendah dari Putra. Dalam menghukum ajaran-ajaran ini, Paus Damasus bertindak dengan cara yang bijaksana sesuai dengan keputusan-keputusan yang dihasilkan oleh Konsili Konstantinopel I pada tahun 381. Dia juga menghukum Priscillian, seorang Heretik asal Spanyol yang menganut paham Manicheisme.

    Dalam semua pertiakian ini, Damasus menuntut suatu pengakuan akan Primat Uskup Roma dalam masalah-masalah Gerejawi. Sebagai salah satu hasilnya, beberapa Sejarawan menjuluki Damasus sebagai pengasal klaim atau tuntutan Paus akan supremasi di dalam Gereja. Ia secara konsekuen bertindak sebagai pemimpin Gereja sesuai dengan apa yang dikatakannya. Kesaksian hidup itu sungguh memperkokoh posisi Paus sebagai pemimpin tertinggi Gereja Kristus di dunia. 

    Damasus tidak tanggung-tanggung di dalam usahanya untuk mengangkat wibawa dan memperluas pengaruh Gereja. Ia tidak ingin pelayan-pelayan umat bertindak tidak sesuai dengan martabatnya. Ia tidak ingin mereka tidak memperhatikan kaum miskin. Oleh karena itu, ia bekerja dengan sangat erat dengan Kaisar Valentinus untuk melarang para Ronaniwan mengorbankan para janda dan anak-anak yatim piatu. 

    Damasus dianggap sebagai Paus pertama yang mempekerjakan seorang delegatus Apostolik di suatu wilayah yang berada di dalam kancah pertikaian. Ia menunjuk Aschollius, Uskup Tesalonika untuk tetap memangku yurisdiksi religius Roma di Ilyricum ketika wilayah itu berada di bawah pengaruh politik Konstatinopel. Kaisar Valentinus menerbitkan satu edikta yang menyetujui yurisdiksi Uskup Roma atas semua kasus menyangkut Gereja.

    Paus Damasus, adalah seorang yang ahli ilmu ketuhanan dan Kitab Suci serta mahir dalam kesusastraan Latin dan kebudayaan. Dalam masa pontifikatnya, ada juga para Bapa Gereja yang terkenal seperti St. Atanasius, Ambrosius, Gregorius dari Nyssa, Basilius, Hieronimus, dan Gregorius dari Nazianze. Damasius bersama Hieronimus, sekretarisnya, mengusahakan suatu kanon Kitab Suci yang mendaftarkan buku-buku Kitab Suci. Kanon Kitab Suci itu pun diterima dalam Konsili Roma pada tahun 382. Kemungkinan Kanon Kitab Suci itulah, warisan terbesarnya untuk generasi kemudian.

    Sebelum kematiannya pada tahun 384, Damasus meminta agar jenazahnya tidak dimakamkan bersama Paus-paus lain di pekuburan St. Kallistus, melainkan bersama ibu dan saudarinya di sebuah Gereja kecil di Via Ardeatina. Permintaannya itu benar-benar dihargai. Sekarang, relikuinya disemayamkan di sebuah Gereja kecil yang didirikannya, yakni Gereja St. Lorenzo di Damaso.

Ordo Hamba-hamba Maria (OSM)

Sang Pelindung Penyakit Kanker dari OSM

    Pada hari ini dalam Ordo Hamba-hamba Maria (OSM) dirayakan pesta dari salah seorang figur besar yang juga merupakan satu dari antara San...

Para Hamba Maria